Garut, koransamudra.com – Bupati Garut H Rudy Gunawan kembali mengunjungi korban banjir Bandang Di kecamatan Sukawening kabupaten Garut, Minggu 5 Desember 2021.

Dalam kunjungannya Bupati Garut didampingi BPBD Garut,Dirut PDAM Tirta Intan, Camat Sukawening, Kapolsek, Danramil dan kepala desa setempat, kampung yang dikunjungi yaitu kampung Muncul desa Sukawening dan kampung Ciloa.

Disampaikan Bupati Garut, untuk saat ini masa tanggap darurat di kecamatan Sukawening dan Karangtengah tidak diperpanjang, karena dibeberapa tempat sedang dalam rekontruksi kecuali satu desa Cintamanik kecamatan Karangtengah.

Pemkab Garut akan mulai fokus kepada perbaikan Infrastuktur, termasuk yang dilakukan PDAM Tirta Intan Garut, sepanjang 20 m jalur insatalasi air bersih telah di buat dan perbaikinya.

” kondisi rumah warga sudah selesai pembersihan dengan bantuan air dari Perumda Tirta Intan, serta Cash for work dari pemerintah sebesar Rp 1 juta perumah, sedangkan satu rumah kita ganti dengan bantuan Rp 50 juta, Untuk itu masa tanggap darurat tidak diperpanjang, karena sebagian tempat saat ini dalam masa rekontruksi,” kata Bupati Garut.

Masih kata Bupati Rudy Gunawan, ucapan terima kasih kepada para relawan dan donatur yang banyak membantu korban banjir di Sukawening maupun di Karangtengah.

” Terima kasih juga saya sampaikan kepada Ibu Menteri Social RI, kepada Bapak Gubernur dan Wakil Gubernur Jabar, kepada Bapak Kapolda dan Pangdam III Siliwangi beserta jajaran – jajarannya, tak terkecuali kepada para relawan, ini liar biasa , ketua RW, Ketua RT, Kepala Desa tentu jajaran Firkopimcam Sukawening, semoga ini menjadi amal ibadah nagi kita semua, saya selaku Bupati Garut selanjutnya akan mengganti rumah yang hi lang sebesar Rp 50 Juta, untuk sawah yang rusak Rp 5 juta per hektar, kita akan selesaikan pasca bencana ini dengan melakukan langkah – langkah kongkrit dilapangan dan tentu kita akan Asesment kenapa ini terjadi melalui tim yang yang berkopenten,” ucap Bupati Garut.

wahyu