Bandung, koran samudra.com – Senyum Desa menggelar Dies Natalis ke – 4 yang dilaksanakan di Bandung raya pada tanggal 11-14 November 2021, perayaan ini dilakukan dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat, minggu (14/11/2021).

Senyum desa adalah sebuah yayasan pengabdian masyarakat yang berpusat di Sampang dan didirikan oleh Abdul Rozak, S.H. dan Co Founder Ayu Maulida Putri, S.H. (Miss Universe Indonesia 2020). Senyum Desa memiliki beberapa koordinator wilayah yang tersebar di Indonesia diantaranya jawa barat, jawa timur, dan jawa tengah, dan daerah lainnya, salah satunya Bandung Raya.

kegiatan ini merupakan serangkaian bentuk nyata pengabdian selama 4th senyum desa dalam rangka mendobrak semangat pemuda mengahadapi indonesia emas pada tahun 2045 mendatang.

Menurut Rohma Safitri wakil ketua pelaksana Dies natalis ke- Senyum Desa menjelaskan, ” Kegiatan dibuka pada tanggal 11-12 Peresmian taman baca pada 5 titik target lokasi kota/kab di provinsi jawa barat, seperti : kota bandung, kab bandung yakni di taman cyber, kota cimahi di madrasah Al-amin jl. lembur sawah, kab. sumedang, dan kabupaten bandung barat di lembang suntenjaya,”.

Sedangkan pada tanggal 13 yaitu kegiatan kunjungan UMKM di desa suntenjaya lembang, sebagaimana tujuan dari kunjungan UMKM tersebut untuk medorong program umkm di desa suntenjaya, dengan bentuk program mengembangkan UMKM skala kecil yaitu (peternakan cacing) di rw 10 desa suntenjaya.

Ia menambahkan,” UMKM peternakan cacing sebagaimana untuk tujuan pengobatan, obat cacing untuk penyakit tipes dan hasil dari resapan atau kotoran cacing dalam media tanah tersebut dijadikan pupuk kompos untuk perkebunan, adapula kegiatan city tour dan Berbagi makanan kepada target pedagang asongan/tunawisma/odgj/pengemis, serta ada juga program City tour dan berbagi makanan dihadiri pula miss universe 2020 yakni Rr. Ayu Maulida, S.H. untuk membranding kota cimahi tersendiri dengan segala keunikannya yang dikenal sebagai kota tentara,”.

Pada tanggal 14 merupakan acara puncak event Dies Natalis 4th Senyum Desa Indonesia yang dilaksanakan di kota Cimahi tepatnya berlokasikan di Cimahi Techno Park dan juga Talkshow Generasi Emas Pembawa Perubahan Bangsa Indonesia 2045 atau yang disingkat GEMPITA yang dihadiri pula oleh jajaran Kadis dan Staff DISBUDPARPORA, DISDAGKOPERIN, DISDIK, DPMD PROV JABAR, PLT CIMAHI, Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Reynaldy Putra Andita Budi Raemi, A.Md, dan Anggota DPRD Kota Cimahi Enang Sahri Lukmansyah, S.Sos., M.M. serta Sobari.

” saya berharap dengan dilaksanakannya kegiatan ini dapat mensupport dan mengenalkan kepada provinsi lain bahwa provinsi jawa barat memiliki sejuta budidaya umkm sebagaimana sudah saya jelaskan diatas sebelumnya. Selain itu desa pelosok dan kawasan perkotaan kumuh kelayakan aksesnya dalam literasi kurang di beberapa titik provinsi jawa barat yang perlu sekali untuk didukung maju dan semarakan semangat edukasi seperti halnya inisiasi dari Yayasan Senyum Desa Indonesia untuk mengebrak gerakan peresmian taman baca serta gerakan mengajar untuk anak-anak di pelosok desa maupun anak-anak putus sekolah di perkotaan kumuh,” ungkapnya.

Rohma Safitri merupakan mahasiswi fakultas Hukum di Universitas Trunojoyo Madura sekaligus aktivis di beberapa organisasi seperti salah satunya di Senyum Desa Indonesia dan juga seorang mahasiswi pertukaran pelajar di negara malaysia tepatnya di Universitas Teknologi Petronas Malaysia.****amd