Subang, Koran samudra.Com – Bupati Kabupaten Subang H. Ruhimat (Kang Jimat) menyerahkan secara simbolis Bantuan Stimulan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Tingkat RT dan Jaring Pengaman Sosial Dampak Covid 19 Tahun Anggaran 2021 Se Kecamatan Tanjungsiang, Cisalak dan Kasomalang.

Adapun pelaksanaan kegiatan tersebut dilakukan di Desa Cibuluh Kecamatan Tanjungsiang, Desa Gardu sayang Kecamatan Cisalak dan Desa Bojongloa Kecamatan Kasomalang, Kamis (19/8/2021).

Program Stimulan pemberdayaan Ekonomi masyarakat tingkat RT tersebut merupakan program bantuan keuangan khusus – Bantuan Keuangan Kepada Desa (BKK-BKUD) pada DPMD Kabupaten Subang tahap ke III (tahun ke 3) yang bersumber dari APBD Subang TA 2021 dengan sasaran 1.384 RT di 29 Kecamatan se Kabupaten Subang.

Adapun penyerahan bantuan stimulus untuk kecamatan Tanjungsiang tahun 2021 sebanyak 62 RT, Kecamatan Cisalak 48 RT dan Kecamatan Kasomalang 42 RT.

Bentuk bantuan stimulus tersebut berupa uang sebesar Rp10jt/RT yang ditransfer melalui rekening Desa untuk kemudian diserahkan kepada ketua Rukun Tetangga (RT) di masing-masing desa yang telah ditentukan.

Berikut daftar progres fasilitasi pengelolaan Keuangan Desa Stimulus Ekonomi untuk RT tahap III Tahun Anggaran 2021 untuk 3 Kecamatan di wilayah Subang Selatan:

1. Kecamatan Tanjungsiang: Desa Buniara 6 RT, Desa Tanjungsiang 6 RT, Desa Cimehmal 6 RT, Desa Sirap 6 RT, Desa Kawungluwuk 4 RT, Desa Cibuluh 11 RT, Desa Sindanglaya 7 RT, Desa Rancamanggung 5 RT, Desa Cikawung 6 RT dan Desa Gandasoli 5 RT.

2. Kecamatan Cisalak: Desa Cupunagara 8 RT, Desa Cimanggi 4 RT, Desa Gardusayang 7 RT, Desa Mayang 4 RT, Desa Sukakerti 3 RT, Desa Darmaga 4 RT, Desa Cisalak 7 RT, Desa Cigadog 5 RT dan Desa Pakuhaji 6 RT. Total 48 paket bantuan stimulus.

3.Kecamatan Kasomalang: Desa Sindangsari 6 RT, Desa Pasangrahan 7 RT, Desa Bojongloa 4 RT, Desa Sukamelang 3 RT, Desa Tenjolaya 4 RT, Desa Kasomalang Wetan 5 RT, Desa Kasomalang Kulon 7 RT dan Desa Cimanglid 6 RT.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati mengungkapkan kegembiraannya telah dapat bersilaturahmi langsung dan bertemu dengan warga setelah sekian lama tidak bisa tatap muka langsung dikarenakan situasi pandemi yang melanda negeri.

Dirinya menyampaikan bahwa kedatangannya kali ini ingin bersilaturahmi sekaligus menyerahkan secara simbolis bantuan stimulus untuk para RT se Kabupatan Subang yang bertujuan membantu pemulihan ekonomi masyarakat pasca pandemi Covid 19 di tingkat RT sesuai dengan karakteristik dan aspirasi yang berkembang di masyarakat.

H.Ruhimat (Kang Jimat) mengatakan bahwa program tersebut merupakan salah satu realisasi dari janjinya pada saat masa kampanye sebelum dirinya menjabat sebagai Bupati Kabupaten Subang terpilih.

Saat itu dirinya mengungkapkan bahwa akan membantu memberikan bantuan untuk seluruh RT di Kabupaten Subang yang tentunya diberikan secara bertahap selama kepemimpinannya.

” Setahun 1 RT Rp10 juta diberikan secara bertahap dan alhamdulillah saat ini sudah memasuki tahun ke 3, ini bukan diberikan untuk RT ya tapi untuk dikelola pak RT agar dimanfaatkan demi kepentingan warganya,” ujar Bupati.

Dirinya berharap bantuan stimulus untuk para RT se Kabupaten Subang benar -benar bisa dimanfaatkan oleh para Ketua RT untuk dikelola dan digunakan sebaik -baiknya demi kepentingan warga. Bantuan stimulus sebesar 10jt rupiah/RT tersebut dibagikan secara bertahap untuk seluruh RT di setiap desa yang ada di Kabupaten Subang.

Selain penyerahan bantuan stimulus pemulihan ekonomi masyarakat untuk para RT, dalam kesempatan tersebut diberikan pula bantuan dari dinas sosial berupa penyerahan secara simbolis uang tunai sebesar 250rb untuk warga yang terdaftar sebagai penerima bantuan serta bantuan Beras 10 kg dari pihak Kodim 0605 Subang melalui Koramil setempat.

Hadir dalam kegiatan tersebut istri Bupati sekaligus ketua TP. PKK Subang Hj. Yoyoh Sopiah Ruhimat, Kepala DKUPP Subang, Kadinsos Subang, Kepala Kesbangpol Subang, Camat Tanjungsiang, Camat Cisalak, Camat Kasomalang, seluruh kepala desa dan unsur muspika di Kecamatan wilayah Subang Selatan.
**D.Moris**

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here