Subang, Koran Samudra.com – Antisipasi musim kemarau, Pemerintah Desa (Pemdes) Mundusari Kecamatan Pusakanagara kab.Subang bekerjasama dengan Gabungan Kelompok Tani ( Gapoktan) siapkan pompa air untuk memenuhi kebutuhan air pada musim tanam gadu hasil swadaya murni masyarakat.

Kurang lebih ada 145 hektar sawah apabila musim kemarau sangat rentan kekeringan dan ini bisa mengakibatkan gagal panen, karena kurangnya pasokan air dari hulu. Apabila petani gagal panen ini sangat berpengaruh sekali  terhadap pembayaran pajak nantinya, kata Kepala Desa Mundusari  Carban Ginanjar kepada Koran Samudra ketika di temui dilokasi pekerjaan pemasangan Pompa Air di Tanggul sungai Cipunagara, kamis (15/07/2021).

Lanjut Carban, mayoritas masyarakat Mundusari Petani apabila mereka gagal panen nantinya masyarakat mau makan apa, karena satu satunya harapan dan pendapatan masyarakat dalam hal ini dari sektor pertanian walaupun ada sebagian dari sektor perdagangan.

” Atas dasar itu kami Pemerintah Desa Mundusari bekerjasama dengan Gapoktan Desa Mundusari¬† hari ini giat laksanakan pemasangan Pompa Air yang sumber airnya dari Sungai Cipunagara nanti kita salurkan ke PMK Pangarengan dan kita salurkan lagi ke pintu pembagi cigeger untuk disalurkan lahan pesawahan lainnya,”ungkapnya.

” Dengan pemasangan pompa air Insyaallah para petani di Desa Mundusari apabila musim tanam gadu tidak akan ada lagi bahasa kekurangan air karena pasokan air akan tercukupi,” jelasnya.
**Asep H**

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here