A d v e r t i s i n g

Bandung, koran samudra.com – POLTEKESOS ( politeknik kesejahteraan sosial) Bandung menggelar Kegiatan pelatihan bagi kader dan pengabdian masyarakat dosen dan mahasiswa POLTEKESOS Bandung dengan Tema  “Aksi Pengubahan Perilaku dalam Pencegahan Stunting”, di ruang rapat Desa Melatiwangi Kecamatan Cilengkrang Kabupaten Bandung, Juma’at pukul 09.00 WIB,(27/08/2021).

Kegiatan ini merupakan  kerjasama antara POLTEKESOS Bandung dengan TANOTO FOUNDATION, Kegiatan yang dilaksanakan adalah Pelatihan Kader, Perancangan Aksi Perubahan Perilaku, dan Aksi Perubahan Perilaku, yang dilaksanakan selama 4 hari, yaitu Jum’at – Sabtu 27 – 28 Agustus 2021 dan Jum’at – Sabtu, tanggal 3 – 4 Septenber 2021, waktu kegiatan dimulai pukul 09.00 sampai dengan 14.00 WIB.

Narasumber dalam kegiatan ini merupakan para dosen Poltekesos, dengan peserta kegiatan yang terdiri dari para Kader sebanyak 8 orang dan 20 orang peserta dari kelompok sasaran prioritas pencegahan stunting yaitu Remaja, Ibu Hami, Ibu Menyusui, dan Pengasuh.

Para peserta pelatihan Kader Posyandu sangat antusias mengikuti pembelajaran yang diberikan oleh para dosen Poltekesos Bandung karena metode pembelajaran orang dewasa yang diselingi beragam permainan mampu menciptakan dinamika yang sangat baik.

Menurut Kepala Desa Melatiwangi Wawan Setiawan,” kegiatan ini akan sangat bermanfaat karena kami dikenalkan sebuah metode pembelajaran yang menarik dan tambahan pengetahuan yang sangat bermanfaat sebagai bekal bagi kader dalam melakukan edukasi perubahan prilaku masyarakat dalam pencegahan stunting nantinya,” jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama Moch Zaenal Hakim, Ph.D., Ketua Prodi Rehabilitasi Sosial Program Sarjana Terapan selaku Koordinator Tim Dosen POLTEKESOS Bandung pada kegiatan ini menyatakan bahwa,” pelatihan ini bukan untuk  mengisi gelas kosong artinya kader dianggap belum paham apa dan bagaimana stunting, tapi lebih pada menambah pengetahuan yang sudah dimiliki dengan sentuhan teknik fasilitasi agar nantinya edukasi yang dilakukan kader lebih dipahami,”ungkapnya.

Lanjut zaenal menyampaikan bahwa kegiatan ini menekankan pada edukasi perubahan prilaku komunitas dan  selanjutnya para kader akan melatih dan bergerak bersama kelompok sasaran prioritas pencegahan Stunting yakni Remaja, ibu hamil, ibu menyesui dan Pengasuh.

Adapun Tim Dosen POLTEKESOS Bandung yang mengisi acara kegiatan ini terdiri dari Moch Zaenal Hakim, Ph.D., Meiti Subardhini, M.Si., Ph.D., Rini Hartini Rinda Andayani, M.Pd., Ph.D,, Elin Herlina, MPS.Sp., serta mahasiswa Prodi Rehabilitasi Sosial Sarjana Terapan POLTEKESOS Bandung yaitu Fegita Priyantami dan Dendi Fajar Nugraha serta Muhammad Arief Dwi Anggara Selaku Tim Multimedia.***amd