Bandung KoranSamudra.com – Baznas Kota Bandung menyalurkan bantuan pada pandemi Covid 19, dengan beberapa kegiatan yang akan merampungkan semua Program Prioritasnya secara cepat, tepat dan bermanfaat bagi warga masyarakat Kota Bandung yang merata dan adil. Rabu.(18/11/20).

Kabid Pendistribusian dan Pendayagunaan Baznas Kota Bandung Ahmad Husen saat ditemui diruang kerja nya, kantor BAZNAS Kota Bandung Jalan Wastukencana no. 27 Jln. Babakan Ciamis Kecamatan Sumur Bandung Kota Bandung Jawa Barat.

 

Program – program BAZNAS Kota Bandung yang sedang kami laksanakan diantaranya :

  1. Program Bandung Makmur, yaitu : program bantuan modal usaha di tiga bulan Akhir tahun ini, BAZNAS kota Bandung telah menyalurkan program bantuan tersebut untuk masyarakat yang terdampak covid 19.

“Alhamdulillah sampai bulan ini, BAZNAS Kota Bandung Sudah menyalurkan 200 orang penerima manfaat yang nilainya farsial, ada 1,5 juta per orang sampai 5 juta per orang yang didalamnya ada bantuan, salah satunya Gerobak.”

“Gerobak tersebut untuk berbagai macam usaha”. Terangnya.

Lanjut Husen, target BAZNAS untuk akhir tahun 2020, akan menyasar kurang lebih ada 685 penerima manfaat untuk Bantuan modal usaha. Katanya.

BAZNAS kota Bandung telah bekerjasama dengan Dinas KUKM kota Bandung dan meminta calon penerima manfaat binaan melalui dinas KUKM, sedangkan BAZNAS hanya diberikan quota 90 gerobak, artinya 3 gerobak per kecamatan. Berhubung Dinas KUKM banyak Program Terkait bantuan dari Pemkot Bandung. Ucapnya.

Kata Husen, untuk program Bantuan modal usah tersebut sudah terserap 300 data yg masuk hingga Rabu ini, tuturnya.

“Untuk program Bandung Makmur, berangsur data yang langsung masuk ke kantor BAZNAS kota Bandung”.

  1. Program Bandung Cerdas yaitu program yang dikeluarkan oleh BAZNAS seperti Program UKT kepanjangan dari Uang kuliah Tunggal.
    Uang kuliah tunggal ini, merupakan bantuan untuk sektor bantuan pendidikan S1 . Quotanya sebanyak 300 Penerima Manfaat.

Adapun syarat untuk dapat menerima bantuan UKT tersebut, yang harus dipenuhi oleh para calon penerima manfaat itu, silahkan membuka aplikasi atau mendonload Website dari BAZNAS kota Bandung, karena batas waktunya hanya sampai 20 November 2020 untuk masyarakat atau mahasiswa yang ingin mendapatkan bantuan UKT tersebut, agar informasi ini sampai kepada masyarakat yang menerima manfaat melalui media online kota Bandung koran-samudra.com.

BAZNAS kota Bandung saat ini sedang menggulirkan bantuan beasiswa cerdas melalui uang kuliah tunggal (UKT) untuk akhir tahun ini dan cara daftarnya bisa lewat Website Atau IG Baznas Kota Bandung, ujarnya.

Untuk mendapatkan biaya uang kuliah tunggal tersebut harus melakukan proses yang benar karena sangat ketat siapa yang mendaftar cepat dia dapat. Namun yang lebih diutamakan adalah Kaum dhuafa dan anak yatim yang orang tuanya berpenghasilan tidak lebih dari 2 juta per bulan, lalu IPK nya rata rata harus diatas 3. Jelasnya.

“Bantuan tersebut akan diberikan sebesar 3 juta rupiah per mahasiswa”.

BAZNAS juga akan menggulirkan bantuan Reguler Pendidikan tingkat SMA terkait sering datangnya orang tua siswa, terutama dari sekolah swasta, yang tidak ada bantuan langsung dari pemerintah kota Bandung dan mereka sangat merasakan dan kesulitan disaat Pandemi sekarang, sementara kewajiban mereka ke sekolah harus, seperti tunggakan SPP, uang ujian dan ijazah yang tertahan.

“BAZNAS, sedang bekerjasama dengan Dinas Pendidikan melalui Forum Kepala Sekolah Swasta(FKSS)”.

Forum Kepala sekolah swasta (FKSS) ini membawahi 99 sekolah swasta di kota Bandung.

“Alhamdulillah, BAZNAS sudah bertemu dengan ketua FKSS tersebut namanya pak Yudi, ketua forum kepala sekolah swasta, sangat antusias dan mendukung program yg digulirkan saat ini.” Ucapnya.

“Kata Yudi, masih banyak memang siswa yang menunggak dari kalangan swasta”.

BAZNAS sekarang telah mengeluarkan bantuan sebanyak 500 bagi penerima manfaat melalui sebaran 150 Kelurahan, artinya ada 3 penerima manfaat. Imas Masriah (Reporter-koran samudra)