A d v e r t i s i n g
Bandung, koran-samudra.com – Beberapa hari lagi Indonesia akan memperingati Hari Sumpah Pemuda 2023 yang jatuh pada tanggal 28 Oktober 2023. Sumpah Pemuda memiliki makna yang mendalam.
Bagi yang ingin mengetahuinya, simak berikut ini makna Sumpah Pemuda bersama Erick Darmadjaya BSc., MKP., anggota dewan, sebagai Sekretaris Komisi A DPRD Kota Bandung.
Diketahui, Sumpah Pemuda bagian dari  sejarah dalam pergerakan kemerdekaan Indonesia. Hari Sumpah Pemuda mengobarkan semangat juang rakyat Indonesia, khususnya para pemuda dalam memperjuang kemerdekaan Republik Indonesia.
“Dimana, Hari Sumpah Pemuda lahir di Batavia (Jakarta) pada tanggal 28 Oktober 1928. Sumpah Pemuda terlahir dari Kongres Pemuda II, yang mana Kongres tersebut digelar selama dua hari, tepanya pada tanggal 27-28 Oktober 1928,” ulas sejarah Bro Erick sapaan akrabnya, Jumat (27/10/23).
Lanjut Bro Erick, menerangkan bahwa sumpah pemuda memiliki makna yang begitu mendalam dan tentunya penting ditanamkan dalam jiwa. Untuk itu, kita harus mengetahui makna Sumpah Pemuda.
Adapun, berikut ini makna Sumpah Pemuda yang dilansir dari berbagai sumber.
1. Mengajarkan Nilai-nilai Persatuan
Sumpah Pemuda mengajarkan nilai-nilai persatuan bangsa. Dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia, para pemuda memiliki semangat juang yang sangat besar.
Pemuda maupun pemudi menjadi tokoh Sumpah Pemuda yang telah mengorbankan tenaga, waktu, pikiran, dan moral bahkan harta benda guna menyatukan bangsa Indonesia.
2. Menumbuhkan Kebanggaan
Kebanggaan tampak jelas pada raut wajah para pemuda ketika pembacaan ikrar Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 1928 silam. Itulah makna Sumpah Pemuda yang kedua.
Oleh karena itu, generasi muda juga harus bangga dengam tanah air kita sendiri. Salah satunya dengan melestarikan kekayaan budaya Indonesia.
3. Menekankan Rasa Bangga Terhadap Bahasa Indonesia
Sumpah Pemuda membangkitkan rasa bangga terhadap Bahasa Indonesia yang menjadi bahasa pemersatu bangsa. Bahasa Indonesia ditetapkan sebagai bahasa resmi Negara Indonesia, hal itu tertuang dalam UUD (Undang-Undang Dasar) 1945 pasal 36. Maka dari itu, rasa bangga terhadap bahasa Indonesia perlu ditekankan.
“Selain ada tiga makna yang sudah disebutkan di atas, Sumpah Pemuda juga memiliki makna lainnya yaitu: wujud cinta tanah air, mengobarkan semangat juang pemuda, dan menjaga keutuhan bangsa,” sebutnya.
Nah, demikianlah informasi ulasan mengenai makna Sumpah Pemuda yang penting untuk diketahui bersama Erick Darmadjaya yang juga sebagai Ketua Fraksi PSI-PKB-PPP DPRD Kota Bandung.
“Selamat Hari Sumpah Pemuda untuk Seluruh Pemuda Indonesia dan seluruh warga masyarakaat Indonesia,” pungkasnya.***Imas mariyah