Subang, Koransamudera.Com – Bupati Kabupaten Subang H.Ruhimat membuka peluncuran pendampingan Desa Devisa Kopi dari Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) dan Bank Exim secara Virtual di Ruang Rapat Rumah Dinas (Rumdin) Bupati, Senin (12/7/2021).

Kegiatan tersebut terlaksana atas kerjasama Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) dengan Koperasi Produsen Gunung Luhur Berkah yang dilaksanakan bertepatan dengan hari koperasi nasional ke-74 tahun, 12 juli 1947 – 12 juli 2021, Peluncuran Desa Devisa Kopi di Kabupaten Subang merupakan yang ke 3 setelah Jimbaran Bali dan Yogjakarta.

Menurut Ketua Koperasi Produsen Gunung Luhur Berkah (GLB) Miftahudin Shaf, SH dengan terealisasinya Program Desa Devisa membuktikan bahwa dari kegiatan ekonomi suatu Desa ternyata bisa berperan aktif dan berkontribusi terhadap Fiskal Negara salah satunya yaitu hasil dari ekspor tersebut dapat menyumbang Devisa kepada Negara.

Dalam sambutannya Kang Jimat sapaan akrab Bupati Subang menyampaikan bahwa, “pertanian dan perkebunan merupakan motor penggerak ekonomi di kabupaten subang dan salah satunya adalah perkebunan kopi. Kopi yang ditanam di kabupaten subang jenis kopi Arabica luas lahan sekitar 500 hektar dan jenis kopi Robusta luas lahan sekitar 1500 hektar untuk budidaya kopi kabupaten subang lahan masih luas bisa menggunakan areal lahan perhutani dan lahan PT.Perkebunan Negara VIII,” ujarnya.

“Kami berharap semoga dalam kegiatan ini dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya untuk para petani kopi yang ada di Kab.Subang agar lebih maju dan lebih sejahtera menjadikan daerah penghasil kopi juga bisa sebagai objek wisata dan Produsen Kopi Gunung Luhur Berkah bisa menjadi eksportir kopi subang yang mendunia serta menjadi jembatan kesejahteraan warga masyarakat Subang,” ungkapnya.

“Ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) beserta jajaran yang telah menunjuk koperasi dan desa yang ada di Kabupaten subang untuk diberikan pendampingan dalam rangka peningkatan pertumbuhan ekspor khususnya kopi sehingga dapat membantu meningkatkan kesejahteraan warga masyarakat subang,” Pungkasnya.

Turut hadir Direktur eksekutif LPEI, Dirjen PEN kementerian perdagangan, Dirjen Perkebunan kementan, deputi Kewirausahaan Kementerian KUKM, deputi perkoperasian kementerian KUKM, dirjen IKMA kementerian perindustrian dan perwakilan dirjen kekayaan negara kementerian keuangan serta beberapa perangkat daerah di Pemerintah Daerah Kabupaten Subang.**Moris**

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here