Bandung, koran-samudra.com –  (17/01/2021) Setiap universitas tentunya mempunyai kegiatan yang menjadi ajang untuk meningkatkan rasa solidaritas, kekeluargaan dan juga kepemimpinan. Dengan skala kegiatan yang biasanya diadakan satu tahun sekali dan menjadi hajat besar juga kegiatan yang paling dinantikan oleh mahasiswa dan dosen. Ada juga kampus yang mengambil momen bertepatan dengan hari kelahiran kampus tersebut, ada juga yang hanya untuk menyambut mahasiswa baru sekaligus menjadi ajang untuk memperkenalkan kampus nya kepada mahasiswa baru.

Hal tersebut juga yang dilakukan oleh salah satu Perguruan Tinggi Negeri yaitu UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Dengan kegiatan rutin tahunan yang bernama “Gebyar PMI” adalah salah satu kegiatan yang menjadi master piece bagi mahasiswa dan dosen jurusan Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

Biasanya kegiatan tersebut dilakukan secara offline, berhubung pada saat ini masih dalam kondisi pandemi maka panitia pelaksana mengkonsep kegiatan untuk tahun ini dengan cara daring dan tentunya tanpa mengurangi makna dan esensi dari tujuan kegiatan tersebut.

Dimulai dari Opening pada tanggal 10 Januari kemarin yang menjadi penanda telah diresmikan sekaligus dimulainya kegiatan ‘Gebyar PMI’ untuk tahun ini kemudian pada tanggal yang sama dilanjutkan dengan International Webinar & Book Review yang mengundang juga pemateri dari Tokyo Jepang untuk ikut berpartisipasi mengisi kegiatan. Setelah itu pada tanggal 13 Januari dilanjutkan dengan pemilihan Duta PMI yang akan menjadi brand image bagi para mahasiswa khususnya jurusan PMI kemudian disambung tanggal 17 hari ini yang telah dilaksanakan yaitu kegiatan Got Talent & Closing sekaligus penutupan kegiatan ‘Gebyar PMI’ untuk tahun ini.

Kegiatan tersebut tentunya dapat terlaksana dengan baik berkat adanya komitmen dan partisipasi dari beberapa pihak Panitia dari Mahasiswa dan juga pembimbing dari Dosen. Dr. Asep Shodiqin, M.Ag (46) sebagai Ketua Jurusan PMI tentunya memiliki harapan dan goals yang besar bagi mahasiswa PMI.

“Teman dan sahabat semua mahasiswa jurusan PMI anda akan menjadi seorang pemberdaya sejati, kegiatan “Gebyar PMI” ini adalah salah satu kegiatan guna untuk meningkatkan kompetensi dari para lulusan jurusan PMI. Seorang pemberdaya yang sejati itu harus memiliki tiga kompetensi sesuai dengan yel-yel jurusan, seorang pemberdaya alumni harus mampu menjadi motor penggerak sumber inspirasi, seorang lulusan PMI kreatif yang mampu mengoptimalkan potensi yang ada sembari menggali potensi baru dan yang terakhir harus luar biasa, mampu melahirkan karya nyata yang dapat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat,” Ujarnya.

Maka dari itu kegiatan tersebut tidak hanya bersifat entertainment atau hanya sekedar menjadi ajang hiburan bagi mahasiswa dan dosen, disamping itu juga terdapat banyak pembelajaran dan ilmu baru yang akan didapat oleh mahasiswa guna untuk meningkatkan kompetensi diri supaya sesuai dengan tujuan awal dilaksanakannya kegiatan tersebut.***(M.Riza Firdaus)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here