Bandung, koran-samudra.com, (09/08/2022) – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Pendidikan Indonesia semester genap tahun akademik 2021/2022 ikut berpartisipasi dalam membantu mewujudkan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN). Kelompok 91 Mahasiswa KKN Tematik UPI berkontribusi dalam kegiatan tersebut yang diadakan di beberapa RW di desa Lamajang, kecamatan Pangalengan.

Ratusan warga yang memiliki balita di desa Lamajang pada tanggal 09, 10, dan 11 Agustus 2022 pergi ke Posyand terdekat yang ada di setiap RW untuk menjalankan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN). Begitu juga mahasiswa KKN kelompok 91 dengan kurang lebih 20 orang berkontribusi membantu menyukseskan acara ini agar terlaksana dengan lancar.

Sejak pukul 7 pagi para warga sudah mulai berdatangan ke posyandu dan mulai mengikuti prosedur imunisasi seperti biasanya. Setiap RW juga dikunjungi secara bergiliran oleh ibu kepala desa yaitu ibu Dedeh Hayati. Selain dari pihak petugas puskesmas Kecamatan Pangalengan dan Pengawasan dari Kemenkes Kabupaten Bandung, acara ini juga dibantu oleh ibu-ibu PKK desa Lamajang.

Upaya pemberian imunisasi yang akan dilaksanakan meliputi 2 kegiatan yaitu imunisasi tambahan dan imunisasi kejar. Kegiatan imunisasi tambahan merupakan pemberian kepada balita satu dosis imunisasi campak-rubela secara massal sesuai dengan rekomendasi usia yang ditetapkan untuk masing-masing wilayah, sedangkan imunisasi kejar merupakan pemberian satu atau lebih jenis imunisasi untuk melengkapi status imunisasi pada balita.

Kurang lebih 20 mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia terbagi menjadi beberapa posyandu di setiap RW desa Lamajang dan membantu proses berjalannya BIAN. Mulai dari pengukuran dan penimbangan tubuh balita, mempersiapkan alat-alat yang dibutuhkan, serta pemberian makanan bergizi kepada setiap Balita.

Dengan adanya kegiatan BIAN ini diharapkan para Balita Indonesia terutama di desa Lamajang ini dapat tumbuh dengan sehat. Kegiatan ini berakhir di pukul 11 siang. Diakhir Kegiatan, ibu Dedeh Hayati selaku ibu kepala desa Lamajang dan para panitia BIAN lainnya mengucapkan terimakasih kepada teman-teman dari UPI atas waktu dan tenaganya karena sudah membantu dalam menyukseskan Bulan Imunisasi Anak Nasional di desa Lamajang.***Verry prasetyo-amd