Garut, koran-samudra.com– Sebagai sarana untuk memperkenalkan UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) di Kabupaten Garut, Dinas Koperasi dan UKM (Usaha Kecil dan Menengah) Kabupaten Garut akan membangun sebuah gedung yang bernama Galeri UMKM. Galeri ini nantinya berguna untuk memasarkan produk UMKM di Kabupaten Garut.

Hal ini disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Garut, Suhartono dalam kegiatan Sosialisasi Fasilitasi Pemberian Sertifikasi Halal Bagi Pelaku Usaha Mikro yang digelar di Sabda Alam Hotel, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Selasa (16/3/2021).

“Perlu kami sampaikan bahwa rencana Pak Bupati ini akan membangun satu bangunan yang dinamakan dengan Galeri UMKM, tapi di sisi lain kalau bangunan fisik ini targetnya bisa dikejar,” ucap Suhartono, di mana pada tahun 2024, bangunan dari Galeri UMKM ini selesai dibangun dan bisa segera digunakan.

“Jadi tahun ini kami akan menyusun desainnya untuk pembangunan galeri tersebut. Kemudian tahun 2022 sudah mulai membangun fisiknya, nah kami ingin fisik ini dua tahap supaya tidak beresiko. Nah tahun 2024 ini sudah jadi,” ujarnya.

Suhartono mengatakan untuk langkah awal, pihaknya akan mengumpulkan database dari para pelaku UMKM, setelah itu, akan dilakukan seleksi produk mana yang akan ditampilkan di Galeri UMKM. “Setelah itu kami akan melakukan kegiatan kurasi yaitu penelitian untuk menyeleksi kira-kira pelaku usaha mana yang memiliki daya saing memadai sehingga itu akan kita tampilkan di dalam suatu sarana gedung sarana pemasaran yaitu yang berbentuk Galeri UMKM,” katanya.

Untuk anggarannya sendiri berjumlah 5 miliar yang berasal dari APBD Kabupaten Garut. “Galeri UMKM itu kurang lebih 5 miliar (anggarannya) karena kita akan membangun tiga lantai itu semua dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Garut,” ujar Suhartono.

Suhartono berharap Galeri UMKM ini bisa dimanfaatkan oleh para pelaku UMKM di Kabupaten Garut sehingga para konsumen bisa mengenal lebih dekat produk yang telah dihasilkannya.
“Harapan kami dengan dibangunnya Galeri UMKM ini dapat dimanfaatkan oleh para pelaku usaha di Kabupaten Garut dalam rangka mendekatkan hasil produk mereka kepada para konsumen dan tentu saja ini diharapkan seiring dengan kemajuan pengembangan pariwisata di Kabupaten Garut,” pungkasnya.** Wahyu/Wawan S

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here