Garut,koran-samudra.com – Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan Pejabat Sekretaris Daerah Kabupaten Garut Berdasarkan Keputusan Bupati Garut Nomor : 821.22/Kep.113/BKD/2021 dilaksanakan di Lapang Apel Setda Jl. Pembangunan No. 185 Kel. Sukagalih Kec. Tarogong Kidul Kab. Garut. Selasa, (1/2/2021).

Pengambilan Sumpah Jabatan Dan Pelantikan Sekda Kabupaten Garut

Bertindak selaku Inspektur Upacara Bupati Garut (H. Rudi Gunawan, SH., MH, MP) dan Komandan Upacara Kepala Pengadaan Barang dan Jasa (Margianto, M.Si), yang diikuti oleh peserta apel sekitar 200 ASN Pemda Garut.

Hadir pada kegiatan tersebut Wakil Bupati Garut (dr. H. Helmi Budiman),Ketua DPRD Kab. Garut (Dra. Hj. Euis Ida Wartiah, M.Si),Kapolres Garut (AKBP Adi Benny Cahyono, SH., S.I.K., M.Si),Dandim 0611/ Garut (Letkol CZI Dr. Deni Iskandar, S.T., M.Han., M.D.M.,CAN),Dandenpom III/2 Garut ( Letkol Cpm.Imran ilyas,SH ),Kepala Kejaksaan Negeri Garut (Sdr. Sugeng Hariadi S.H., M.H),Ketua Pengadilan Negeri Garut (Mansyuri Efendi, SH, MH),Waka Polres Garut (Kompol Andrey Valentino S.I.K),Kapolsek Tarogong Kidul (Kompol Alit Kadarusman ,S.Pd, M.Si),Kasat Intelkam Polres Garut (AKP Tito Bintoro, SH),KabanKesbangpol Kab. Garut (Drs. Wahyu Wijaya, M.Si),Kadishub Kab. Garut (Drs. Suherman, M.Si),Kasatpol PP Kab. Garut (Drs. Hendra S. Gumilang, M.M),Ketua Bawaslu Kab. Garut (Ibu Hj. Ipah),Kadinkes Kab. Garut (Maskut Farid, MM),Kepala BPBD Kab. Garut (Drs. Firman Karyadin, M.Si),Ketua KPU Kab. Garut (Junaedin Basri),Ketua MUI Kab. Garut (KH. Sirojul Munir),Danramil 1111/Tarogong (Kapten Inf. Dedi Saepulah),Para SKPD Jajaran Pemda Garut, Para Kabag dan sekertaris Dinas,Para Camat Se-Kab. Garut, Ketua tim penggerak PKK Kabupaten Garut (Ibu Hj Diah Rudi Gunawan) dan Ibu Ibu Darma Wanita serta tamu undangan lainnya.

Pengambilan Sumpah Jabatan Dan Pelantikan Sekda Kabupaten Garut

Bupati Garut Rudy Gunawan menyampaikan, ucapan selamat kepada Sekda yang baru dilantik, kedepannya mari kita menjaga dan memelihara hasil-hasil pembangunan kabupaten Garut yang telah diraih selama ini dengan terus meningkat motivasi dan prestasi kerja. Embanlah tugas ini dengan ikhlas dan tulus. Ujar Bupati.

Bupati menambahkan, mekanisme baru dalam proses penetapan jabatan Sekda yang mana merujuk pada UU nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, yakni dilakukan secara terbuka dan kompetitif di kalangan PNS dengan memperhatikan syarat kompetensi, kualifikasi dan kepangkatan. Selain itu juga dilihat dari pendidikan, pelatihan, rekam jejak jabatan dan integritas. Jabatan Sekda mempunyai peran yang sangat penting dan memiliki kewajiban membantu Kepala Daerah dalam menyusun kebijakan serta membina hubungan kerja dengan Dinas, lembaga teknis dan unit pelaksana lainnya. Artinya Sekda merupakan motor penggerak organisasi pemerintahan Daerah.

” Harus menghayati peran dan fungsi sbg Sekda serta harus mampu mengemban seluruh tugas administratif. Selain itu harus meningkatkan kemampuan dalam menyikapi teritorial dan Penyelenggaraan otonomi daerah serta dapat berkoordinasi secara produktif kepada seluruh instansi”,Pungkas Bupati.**Wahyu/Wawan S