A d v e r t i s i n g

Jakarta, koran samudra.com – Pusat Penguatan Karakter (Puspeka), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) meluncurkan sebuah aplikasi bernama Portal Praktik Baik Liga Kampanye Penguatan Karakter, secara virtual, siang tadi, Sabtu (18/9), sebagai upaya mendorong terwujudnya Profil Pelajar Pancasila.

Portal ini merupakan wadah berkumpul dan berbagi praktik baik penguatan karakter yang telah dilakukan oleh para Sahabat Karakter di seluruh Indonesia. Sebagian dari Sahabat Karakter adalah Agen Penguatan Karakter (APK) yang berasal dari unsur guru dan kepala sekolah yang berdedikasi, inspiratif, dan inovatif. Liga kampanye penguatan karakter adalah sebuah ajang kompetensi APK dalam mengkampanyekan penguatan karakter.

Pada kesempatan ini, Sekretaris Jenderal (Sesjen) Kemendikbudristek, Suharti, pada saat peluncuran portal menyampaikan bahwa keberadaan portal ini sebagai bukti dan semangat bagi para pemangku kepentingan, pendidik, tenaga kependidikan, pemerhati pendidikan, dan semua masyarakat umum dalam memberikan praktek baik penguatan karakter khususnya, profil Pelajar Pancasila.

Mengingat, media sosial sudah menjadi bagian dari kehidupan, di mana siapapun dapat berbagi, khususnya hal yang menarik dan saling menginspirasi satu dan lainnya. “Portal ini diharapkan dapat menjadi salah satu jalan untuk berbagi dan membangun karakter anak anak bangsa,” tekan dia.

Lebih lanjut, ia berharap, program penguatan karakter akan melibatkan lebih banyak lagi anak-anak yang saling menginspirasi, dan mengingatkan untuk dapat memajukan satu sama lain. “Strategi penguatan karakter kita, APK perlu melibatkan untuk turut berpatisipasi untuk membangun karakter satu dengan yang lainnya, program yang dikerjakan, inspirasi yang dibagi mari kita libatkan anak anka agar mereka lebih terlibat lagi dan menginspirasi yang lainnya,’ tambah Suharti.

Pelaksana tugas (Plt.) Kepala Puspeka, Hendarman, menjelaskan bahwa Portal ini akan mendorong terwujudnya profil Pelajar Pancasila sebagai bagian dari visi pendidikan Indonesia, dan menuntaskan tiga dosa besar pendidikan yang menjadi salah satu prioritas program Kemendikbudristek.

“Ini bukan untuk guru dan tenaga pendidikan, tapi target akhir kita adalah anak-anak kita yang berkarakter menjadi suatu catatan bagi kami agar aplikasi ini bisa memberikan ruang, dan anaknak kita ikut dalam aplikasi ini. Harapannya semua bisa membantu dalam mensukseskan ini semua,” tegasnya.

Dalam acara ini turut hadir, Sutomo selaku Kepala SMP Sutomo Muhammadiyah plus Salatiga, Jawa Tengah., menyampaikan bahwa mengkampanyekan Profil Pelajar Pancasila merupakan amanah kita bersama untuk melakukan Penguatan Karakter. “Kemendikbudristek sudah melakukan bagaimana kami harus berkolaborasi, dengan kegiatan di lapangan bersama dinas pendidikan, serta pemerintah provinsi,” lanjutnya.

Tak ketinggalan, Rina selaku APK juga menyampaikan pendapatnya bahwa ini bisa menjadi sebuah wadah yang dapat memfasilitasi dan memotivasi APK, untuk terus bergerak bersama menguatkan karakter, sehingga bisa turut serta mewujudkan Profil Pelajar Pancasila.

Imelda, selaku Fasilitator mengatakan bahwa semua lapisan bisa menggunakan portal ini. “Saya berharap inovasi inovasi terus diciptakan oleh puspeka agar kampanye penguatan karakter ini bisa semakin mudah dilaksanakan dan karakter bangsa Indonesia semakin baik sesuai profil pelajar Pancasila,” harap dia.

Sebagai penutup, Hendarman mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak atas kontribusi yang telah dilakukan. Ia berharap, portal baik ini bisa menjadi sebuah aplikasi yang tidak berhenti saat diluncurkan saja, tetapi harapannya ke depan, portal ini bisa menjadi suatu wadah untuk berbagi, yang penting adalah berbagi, bekerja sama, bersinergi. “Mudah-mudahan ini menjadi suatu awal yang lebih baik, sehingga karakter anak anak Indonesia ke depan bisa lebih baik,” tutupnya.*amd

sumber : kemdikbud.go.id

penulis :(Tamara/Najla/Andina/Sherika/Denty A.)