Subang, Koran Samudra.Com – Ditengah Situasi pandemik Covid-19 yang berkepanjangan tidak menyulutkan semangat warga masyarakat Desa  Pusakaratu Kecamatan Pusakanagara Kab.Subang untuk bergotong royong melaksanakan normalisasi Kali Mataram, giat gotong royong kali ini langsung di pimpin oleh Penjabat Sementara (Pjs)Kepala Desa Pusakaratu Caslih, SIP dengan tetap mentaati Protokol Kesehatan (Prokes) 3M.

Menurut Pjs Kepala Desa Pusakaratu Caslih,SIP. ketika ditemui dilokasi giat normalisasi sungai Mataram mengatakan, ” alhamdulilah giat kali ini bersama perangkat desa dan  warga masyarakat Pusakaratu laksanakan normalisasi sungai Mataram. Hal ini untuk mengantisipasi datangnya musim hujan, agar air yang datang dari hulu bisa lancar  mengalir sampai hilir,”ucapnya.

Sungai Mataram sangat memprihatinkan selain kondisinya sudah  dangkal sepanjang saluran dampak banyaknya sampah yang dibuang oleh warga akibat tidak tersedianya tempat pembuangan sampah yang permanen sehingga Sampah berserakan di bantaran sungai Mataram apabila tidak segera di Tanggulangi dengan giat normalisasikan ketika musim hujan sungai Mataram ini akan meluap karena sudah dangkal dan menyempit lebar sungainya akibatnya akan terjadi banjir seperti kejadian bulan lalu, tutur Caslih kepada Koran Samudra, jumat (09/07/2021).

” Kami atas nama perangkat desa menghimbau kepada warga masyarakat desa Pusakaratu khususnya jangan di biasakan membuang sampah ke sungai, diusahakan menyediakan bak sampah di depan rumah masing-masing nti berkordinasi dengan Karang Taruna di setiap Dusun masing-masing,”jelasnya.

Segera bentuk Program Kegiatan para Pemuda yang sudah ada wadah lewat Karang Taruna desa untuk menangani masalah-masalah sosial masyarakat contohnya dengan menangani sampah untuk jadi sumber pendapatan.

Karena apabila tetap membuang sampah ke sungai tidak ada gunanya giat normalisasi dilakukan sampah akan tetap bertumpuk dibantaran sungai Mataram.

” Ketika musim hujan akan terjadi banjir seperti tahun lalu dan yang rugi semua warga yang ada di pinggir bantaran sungai Mataram dan sekitarnya,” Pungkas Pjs Kades Caslih.

**Asep.H/Iyeng**

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here