Bandung, koran-samudra.com – (9/02/2021). Bola dunia tersebut tentunya tidak asing lagi bagi masyarakat Kota Bandung yang sering atau pernah mengunjungi alun-alun kota, karena sering menjadi spot untuk selfie para wisatawan menyebabkan bola dunia tersebut sering ter-ekspos di dunia maya sehingga meningkatkan ketertarikan bagi wisatawan yang belum pernah mengunjungi Bandung khususnya alun-alun yang terdapat bola dunia tersebut.

Bola Dunia Asia Afrika sering kali menarik perhatian para wisatawan untuk berfoto di tugu tersebut. Terbuat dari sebuah tembaga, ditambah dengan adanya nama–nama negara yang ikut terlibat dalam Konferensi Asia Afrika, membuat tugu tersebut memiliki sebuah sejarah yang dapat di ingat oleh masyarakat Indonesia khususnya yang ada di Kota Bandung.

Tugu Bola Dunia Asia Afrika ini, dibangun pada saat masa pemerintahan Ridwan Kamil sebagai Wali Kota Bandung sekaligus orang yang mendesain langsung tempat sejarah tersebut. Ditambah dengan adanya sebuah kutipan yang diucapkan oleh Presiden pertama yaitu Soekarno yang bertuliskan “Let a New Asia and New Africa be born”.

Tugu tersebut diresmikan Presiden Joko Widodo pada tanggal 24 April 2015 di Kota Bandung, dan didampingi sejumlah pemimpin Asia Afrika yang lainnya. Tugu dibuat sebagai lambang persatuan dan persaudaraan kebangkitan globalisasi antara Asia dan Afrika, serta untuk memperingati Konferensi Asia Afrika ke-60 tahun.

Tugu ini menjadi salah satu ikon yang identik dengan Kota Bandung, dan sebagai sebuah tempat yang wajib dikunjungi oleh para wisatawan.

“Kalau ditanya soal sejarah saya kurang paham juga, tapi memang kalau lagi main di alun-alun bawa keluarga sama anak suka mau foto di globe ini ya. Unik saja gitu desain nya terus memang dulu waktu konferensi Asia-Afrika ada sejarah juga kan disini tuh, yahh lumayan buat konten di sosial media sama anak saya,” Ucap Dani (35) yang sedang berkunjung di sana.****M.Riza Firdaus

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here