A d v e r t i s i n g

Bandung, koran-samudra com – Menerapkan nasionalisme sangat penting terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara karena merupakan salah satu wujud kecintaan dan kehormatan terhadap bangsa sendiri.

Dalam penerapannya nilai-nilai nasionalisme merupakan tanggung seluruh warga negara terutama mahasiswa sebagai kaum milenial dimana mahasiswa memiliki tugas sesuai Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengembangan, Pengabdian kepada Masyarakat.

Festival Kewarganegaraan 2022 dengan tema “artikulasi nilai dan wawasan kebangsaan Indonesia dalam menyongsong smart society 5.0″ ini merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan oleh Himpunan mahasiswa Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan berkolaborasi dengan Program studi PPKn uninus dan didukung oleh kemenkumham, dan mahkamah konstitusi. kegiatan ini bertujuan untuk membentuk peserta didik yang kritis, kreatif, dan kolaboratif supaya dapat menjadi warganegara yang cerdas serta kritis terhadap isu-isu nasional.

Kegiatan ini dilaksanakan di kampus Universitas Islam Nusantara, dihadiri oleh siswa-siswi SMA/SMK sederajat Se-Jawa Barat dengan berbagai konten acara yang sangat menarik dan bermanfaat.

” Festival kewarganegaraan ini terdiri dari 2 cabang perlombaan yaitu lomba menulis esai kewarganegaraan dan diskusi kewarganegaraan. mahasiswa PPKn uninus juga ikut serta dalam memeriahkan kegiatan pembuka dengan menampilkan budaya daerah yaitu tari badaya dan pencak silat. peserta lomba dalam kegiatan Festival Kewarganegaraan terdiri dari 24 peserta diskusi kewarganegaraan dan juga 19 peserta esai kewarganegaraan,” Ujar ketua pelaksana.

Lanjut ketua pelaksana, ia berharap dengan dilaksanakannya kegiatan ini semoga dapat memberikan efek terhadap peserta didik agar dapat menjadi warganegara yang kritis terhadap isu sosial, menghargai sejarah perjuangan bangsa, dan menjadi warganegara yang patuh terhadap hukum.

Adapun peserta yang berhasil menjuarai perlombaan diantaranya :

Juara Esai
1. SMAN Banjaran
2. SMK Kehutanan Negeri Kadipaten
3. SMAN 12 bdg
4. MAN fauzaniyah

Juara Diskusi
1. SMK kehutanan negeri kadipaten
2. SMA Santo Aloysius
3. SMAN 1 Soreang
4. MAN Bandung Barat

Pemuda mempunyai peran penting dan tanggung jawab dalam upaya melancarkan dan melaksanakan berbagai macam pembangunan di berbagai bidang, baik pembangunan nasional maupun pembangunan daerah, dengan adanya kegiatan ini tentu menjadi salah satu bentuk pendidikan karakter terhadap pemuda kita sebagai wujud nyata dari mahasiswa dan perguruan tinggi.***amd