A d v e r t i s i n g

Bandung, koran-samudra.com –  Rabu (27/01/2021). Tugas seorang pelajar adalah belajar namun bagaimana jika ada seorang pelajar yang disamping kesibukannya belajar juga harus sambil bekerja? Tentunya Sebagian besar orang pasti akan beranggapan salah satu kewajibannya itu tidak akan terlaksana mau itu belajarnya ataupun kerjaannya. Namun apa daya karena kondisi yang mengharuskan untuk mampu mengerjakan keduanya sekaligus membuat seorang siswi SMA ini harus terus survive sampai akhir.

Kartika Sari (17) seorang siswi SMA kelas 12 yang berasal dari sekolah SMA Sebelas Maret ini sedari kecil sudah tinggal Bersama om dan juga tantenya, baru semenjak masuk SMA dibawa Kembali oleh Ibu nya dan di saat itulah Kartika mulai bekerja untuk membantu Ibu nya dan untuk membiayai kehidupan sehari-hari untuk jajan dan makan.

Ketika kebanyakan siswa mengeluh dengan kondisi saat ini namun hal tersebut tidak berlaku untuk Kartika, alih-alih berpikiran untuk mengeluh dia malah berpikir untuk mencari peluang dengan kondisi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) saat ini untuk sambil bekerja guna untuk meringankan beban orangtua nya. Hal tersebut tentunya harus menjadi tamparan bagi kita semua Ketika semua orang mengeluh dengan kondisi sekarang seharusnya kita harus mampu untuk bangkit melihat peluang dan terus berjalan lurus kedepan menuju masa depan yang lebih baik.

Tentunya Kartika harus pintar-pintar mengatur waktu antara belajarnya dan juga pekerjaan, saat ini dia bekerja sebagai Kasir di salah satu Café sehingga masih bisa curi-curi waktu jika terjadi bentrok antara belajar dan bekerja. Semua itu tergantung dari sudut pandang kita, jika yang kita terus pikirkan adalah ‘tidak bisa’ tentunya hasil yang akan kita dapatkan berbanding lurus dari apa yang kita pikirkan, begitu juga sebaliknya jika kita selalu berpikir ‘pasti bisa’ tentunya apapun yang kita hadapi pasti kita akan mencari solusinya bagaimanapun caranya

“Saya bekerja sebagai kasir cafe karena untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan membantu ibu saya. Cara saya adalah memprioritaskan apa yang lebih penting, misal ada belajar dan bekerja diwaktu yang bersamaan saya akan mempriotiskan belajar terlebih dahulu karena mencakup untuk penilaian akhir saya”. Ujarnya.***M.Riza Firdaus