Bandung, koran samudra.com – komunitas sebelum cahaya yang beranggotakan mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung menggelar kegiatan peduli literasi yang diadakan pada tanggal 7 juni 2021 bertempat di Bumi Qur’an Al-Fatih jl.cilengkrang Rt 02, Rw 05, kampung pasir angin, cilengkrang, kecamatan cilengkrang, bandung, Jawa Barat, senin (14/06/2021).

Toriq Husaeni Abdullah selaku ketua pelaksana menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi anak-anak tentang pentingnya literasi, dan menumbuhkan serta meningkatkan minat literasi terhadap anak-anak di bumi Qur’an Al-fatih namun dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, jelasnya.

Lomba mewarnai

Selain itu toriq pun menyampaikan bahwa, ” Rangkaian kegiatan kami dimulai pada dengan pembukaan secara resmi, dilanjutkan dengan kegiatan perkenalan kemudian pemberian sedikit materi tentang litertasi, dilanjutkan hari kedua diawali dengan kegiatan mengaji kemudian dilanjutkan dengan literasi menulis oleh anak- anak kelas 5- SMP, untuk anak anak kelas 1-4 melakukan kegiatan mewarnai untuk melatih imajinasi, dihari ketiga seperti biasa diawali dengan mengaji dan dilanjutkan dengan materi literasi visual berupa memberikan tontonan animasi keislaman, kegiatan hari keempat diisi dengan lomba seperti mewarnai untuk kelas 1, menggambar untuk kelas 2-4, dan cerdas cermat untuk kelas 5-SMP, ditutup dengan lomba outdoor memindahkan air untuk melatih kekompakan tim. Kegiatan hari kelima adalah penutup sacara resmi kemudian dilanjutkan dengan pemberian kenang kenang, hadiah lomba dan bingkisan untuk anak anak,” ujarnya.

Menonton kisah anak nabi Adam As
Menonton kisah anak nabi Adam As

” Alhamdulillah kegiatannya sesuai dengan yang direncanakan, warga sekitar serta anak- anak juga sangat antusias dengan kedatangan kami, selain itu kami juga mendapat banyak dukungan dari warga setempat berupa penyediaan fasilitas seperti villa, selain itu kamu juga mendapat bantuan dari beberapa komunitas seperti Asosiasi literasi Indonesia, PAS ITB, dan HAPPEN ID serta koran samudra,” Ucapnya.

Ia berharap anak-anak disana mengetahui akan pentingnya literasi, juga mengharapkan tingkat literasi di pasir angin bisa semakin meningkat setelah diadakan nya kegiatan ini.

Disamping itu salah satu peserta yaitu Rega Oktavian (13) menyampaikan bahwa , ” acaranya sangat bagus bisa menginspirasi saya untuk lebih giat belajar saran saya perbanyak anggotanya agar lebih makin seru untuk harapan saya semoga bisa bertemu lagi di Nex waktu,” jelasnya.

Ia pun berharap agar komunitas sebelum cahaya untuk lebib semangat lagi dan lebih giat untuk mengadakan kegiatan yang sama ssperti kegiatan tersebut khususnya di Bumi Qur’an Al-Fatih, pungkasnya.***amdiyan sabiq