Bandung, koran-samudra.com – (12/02/2021). Di masa pandemi seperti sekarang ini pastinya semua orang mulai berpikir bagaimana caranya untuk memiliki penghasilan tambahan, karena terkadang hanya mengandalkan dari gaji saja tidak akan cukup untuk menghidupi kehidupan sehari-hari. Tidak sedikit perusahaan yang memotong gaji para karyawannya dewasa ini, hal tersebut tentunya membuat sebagian orang mulai memutar otak bagaimana caranya untuk mulai memiliki penghasilan tambahan yang dapat membantu keperluan sehari-hari bahkan diharapkan bisa untuk menambah tabungan juga.

Gandini Kemala (18) yang dulunya bersekolah di SMK Negeri 1 Bandung Jurusan Administrasi Perkantoran saat ini sudah memulai usaha dalam bidang fashion seperti kerudung dan juga batik.

“Karena fashion itu selalu dipergunakan akan selalu ada gitu mau kaya gimanapun baju terus kebutuhan itu kan di pakai untuk kehidupan sehari hari jadi cocok,” Ucapnya.

Selain itu usaha fashion tersebut sangat cocok dan bisa dilakukan oleh semua kalangan, di masa digitalisasi seperti sekarang ini alat untuk promosi produk sangat mudah untuk menggapai calon konsumen, kita bisa menggunakan sosial media yang terdapat jutaan manusia di sana untuk memasarkan produk kita dan calon konsumen pun bisa memilih produk apa yang ingin dibeli setelah itu jika dirasa sudah cocok tinggal melakukan transfer dan barang pesanan pun akan dikirimkan melalui ekspedisi.

Asal ada kemauan pasti ada jalan, prinsip tersebut mungkin adalah pemikiran dasar dari semua pebisnis, mulai saja dulu baru bersyukur dan lain sebagainya yang merupakan slogan-slogan penyemangat bagi mereka yang baru memulai ataupun yang sudah expert dalam bisnisnya.

“Saran dari aku sebenarnya aku juga masih mikir bisa nggak sih bisnis, kalau kita punya partner kita pasti bisa menjalaninya harus siap dengan resiko apapun, perbanyak relasi komunikasi dalam berbisnis. Yang terakhir harus mempertimbangkan semua resiko yang ada supaya bisa menghitung lebih banyak untungnya atau ruginya,” Ucapnya. ****M.Riza Firdaus