Bandung, koran-samudra.com – (24/2/2021), Jumlah pengendara bermotor di Kota Bandung saat ini memang sangat banyak, walaupun tidak semua orang yang sedang berkendara di jalan adalah warga asli Bandung namun jumlahnya sudah tidak bisa dihitung oleh jari lagi. Mengutup dari Bandung.bisnis.com pada Oktober 2018 Menurut data Dinas Perhubungan Kota Bandung, saat ini kendaraan roda dua di Kota Bandung sebanyak 1.251.080 unit. Sedangkan roda empat berjumlah 536.973 unit. Data yang diambil dari tahun 2018 tersebut tentunya pada tahun ini sudah mengalami peningkatan yang cukup jauh.

Di tengah pandemi seperti sekarang ini tentunya semua masyarakat harus mematuhi protokol kesehatan yang berlaku khususnya selalu memakai masker, walaupun itu sedang berkendara di jalan raya bahkan pengemudi mobil pun dihimbau untuk selalu memakai masker walaupun kondisi di dalam mobil dan kaca tertutup.

Banyak warga yang mengeluh engap jika terlalu lama memakai masker menjadikan hal tersebut alasan bagi kebanyakan orang untuk mencopot masker dan tidak mengindahkan protokol kesehatan. Berbagai upaya sudah pemerintah dan aparat lakukan supaya tingkat pelanggaran protokol kesehatan di jalan raya dapat terlaksana dengan baik sehingga tidak ada yang melanggar, salah satu contohnya adalah operasi Yustisi, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti operasi yustisi adalah operasi yang diadakan untuk menjaring pengganggu ketertiban umum seperti pelacur, pemulung dan gelandangan. Operasi yustisi berasal dari kata dasar operasi.

“Operasi yustisi targetnya mungkin akan berubah yang selama ini kita laksanakan di sana di titik A atau titik B dengan adanya pelanggaran di titik yang lain akan kita coba evaluasi lagi supaya dapat meminimalisir tingkat pelanggaran, ” Ucap Kasat Lantas Polrestabes Bandung, Kompol Rano Hadiyanto.

Walaupun sedang berkendara menggunakan kendaraan bermotor akan tetapi protokol kesehatan harus tetap diterapkan supaya bisa terjaga dari virus Covid-19, karena kita tidak pernah tau kapan dan dimana virus itu dapat masuk kedalam tubuh kita. Kasat Lantas Polrestabes Bandung, Kompol Rano Hadiyanto tidak pernah bosan menghimbau para warga masyarakat agar selalu menjaga diri dan menerapkan protokol kesehatan.

“Kita akan arahkan ke persimpangan-persimpangan jalan yang disinyalir masih banyak pelanggar yang tidak memakai masker khususnya pada saat berkendara, ” Ucapnya. ***M. Riza Firdaus